Bandarlampung (ANTARA LAMPUNG) - Pemerintah Kabupaten Waykanan mendapatkan bantuan dana sebesar Rp152,9 miliar dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk program pembangunan dan kegiatan sosial.

"Bantuan dana itu diperuntukkan bagi kepentingan masyarakat dan lembaga sosial melalui satuan kerja di Pemerintah Kabupaten Waykanan, " kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Lampung Masri Yahya, di Bandarlampung, Sabtu (20/4).

Ia menyebutkan bantuan dana sebesar itu rencananya akan diserahkan langsung Gubernur Lampung Sjachroedin ZP, pada 22 April 2013.

Rincian bantuan itu, yakni bidang sosial Rp566 juta dengan sasaran rehabilitasi sosial, perlindungan dan penanggulangan kemiskinan, bidang pertanian tanaman pangan dan hortikultura Rp5,7 miliar sasaran program pengembangan prasarana dan sarana untuk kelompok pertanian.

Selanjutnya, bidang kesehatan Rp11,5 miliar dengan sasaran masyarakat umum dalam bentuk sarana dan prasarana perbekalan kesehatan, perbaikan gizi, penanggulangan keselamatan, penyediaan pusat kesehatan keliling dan jaminan kesehatan.

Bidang peternakan dan kesehatan hewan Rp4,3 miliar dengan sasaran pengembangan kawasan sapi potong, pembangunan puskeswan dan pengembangan limbah ternak (biogas).

Bidang pemuda dan olahraga Rp108 juta, dengan sasaran penyediaan sarana dan prasarana pengembangan kepemudaan dan olahraga.

Bidang kelautan dan perikanan Rp100 juta dengan sasaran pengembangan budidaya perikanan, pengembangan usaha perikanan tangkap dan pengadaan sarana kampanye gemar ikan.

Kemudian, bidang koperasi UMKM, perindustrian dan perdagangan, Rp193 juta, dengan sasaran pengembangan industri kecil menengah dan sentra-sentra industri potensial.

Bidang bina sosia Rp1,2 miliar, dengan sasaran bantuan kesejahteraan kepada penyuluh agama, imam, marbot masjid besar, guru ngaji, pencatat nikah, masjid ornamen dan pembinaan masyarakat .

Bidang pemberdayaan masyarakat dan pemerintah desa Rp19,2 miliar dengan sasaran pengembangan pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan dan koordinasi lintas sektoral.

Bidang tenaga kerja Rp925 juta, dengan sasaran memberi pelatihan, pendidikan bagi pencari kerja, advokasi dan rekruitmen TKI dan infomasi pasar kerja.

Bidang bina marga Rp76,8 miliar dengan sasaran untuk pembangunan jalan, jembatan dan sarana prasarana umum.

Bidang pendidikan Rp13 miliar dengan sasaran pengadaan sarana dan prasarana perlengkapan sekolah siswa untuk kegiatan mengajar di sekolah.

Bidang perkebunan Rp8,7 miliar dengan sasaran penyediaan sarana dan prasarana produksi perkebunan pemeliharaan kebun induk lada dan pengembangan embung.

Pemprov Lampung juga akan memberikan bantaun di bidang sarana dan permukiman Rp7,8 miliar, dengan sasaran untuk pembangunan, peningkatan jalan dan pembuatan sumur bor/uji di kecamatan.

Bidang pemberdayaan perempuan Rp20 juta, dengan sasaran untuk pembinaan pasca buta aksara bagi anak berprestasi yang tidak mampu.

Selanjutnya bidang koordinasi penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan Rp1,9 miliar dengan sasaran pengembangan, peningkatan SDM dan penyuluh kelompok usaha mandiri bankable.

Bidang ketahanan pangan daerah Rp590 juta dengan sasaran enam kelompok di tujuh kecamatan untuk dana penguatan modal pengembangan lumbung dan kelompok wanita.

Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar