LP Cebongan Diserbu, 4 Tewas Ditembak

id rusuh

LP Cebongan  Diserbu, 4 Tewas Ditembak

ILUSTRASI/ Mapolres OKU di Kota Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumsel, Kamis (7/3), diserang sejumlah oknum anggota TNI-AD, menyebabkan sedikitnya empat anggota polisi luka tusuk serta sejumlah kendaran hangus terbakar. (FOTO ANTARA/Nila Ti

Sleman, (Antara Lampung) - Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta Brigjen Polisi Sabar Raharjo mengatakan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan, Sleman, Sabtu dini hari diserang sekelompok orang bersenjata api, dan menembak mati empat tersangka pengeroyokan anggota TNI yang dititipkan di lapas tersebut.
         
"Penyerangan pada sekitar pukul 02.00 WIB itu, dilakukan oleh sekitar 17 orang. Mereka masuk ke lapas dengan cara melompat pagar," kata Sabar Raharjo.
         
Menurut dia, setelah berhasil masuk area lapas, para pelaku memaksa petugas jaga menunjukkan sel keempat tahanan kasus pengeroyokan di Hugo's Cafe, Sleman, yang mengakibatkan anggota Kopasus Grub 2 Kandang Menjangan meninggal dunia.
         
"Para penyerang sempat menodongkan senjata api, dan memaksa petugas Lapas Cebongan menunjukkan kunci sel. Empat orang tewas dengan luka tembak. Nanti akan diidentifikasi di laboratorium forensik," katanya.
         
Ia mengatakan kelompok penyerang ini juga membawa semua CCTV yang ada di lapas setempat.
         
Sedangkan seorang petugas Lapas Cebongan sempat dipukul, saat diminta menunjukkan kunci sel yang dimaksud.
         
Sementara itu, sumber di Lapas Cebongan yang minta namanya tidak disebut mengatakan kelompok penyerang datang sekitar pukul 02.00 WIB. Mereka sempat menembaki pintu lapas, dan meledakkannya.
         
Kemudian mereka masuk ke lapas, dan mencari empat pelaku penganiayaan terhadap anggota TNI AD itu.
         
Mereka juga memaksa petugas sipir menunjukkan sel tempat keempat tahanan titipan polisi tersebut.
 
Kelompok penyerang itu langsung menembak empat tahanan itu hingga tewas.