Caracas (Antara/Reuters) - Presiden Venezuela Hugo Chavez sedang menerima perawatan "alternatif yang rumit" setelah menjalani operasi kanker di Kuba dua bulan yang lalu, kata Wakil Presiden Nicolas Maduro pada Rabu.
         
Pemimpin sosialis berusia 58 tahun tersebut tidak pernah muncul di depan publik sejak pergi ke Havana untuk melakukan operasi pada 11 Desember 2012. Operasi kanker itu merupakan yang keempat selama 18 bulan.
         
Nicolas Maduro tidak mengungkapkan detail yang lebih lanjut mengenai apa yang dia maksud sebagai perawatan alternatif yang harus dijalani oleh presiden. Chavez sendiri tidak pernah mengatakan jenis kanker apa yang dia derita dan pada pengamat menuduh pihak pemerintah terlalu merahasiakan kondisi pemimpin negara kaya minyak tersebut.
         
"Hari ini panglima kita sedang menjalani perawatan alternatif... perawatan tersebut sangat rumit dan juga sulit. Namun diyakini metode ini akan dapat mengakhiri penyakit presiden," kata Maduro dalam sebuah pernyataan di stasiun televisi negara.
         
Pihak pemerintah, yang menolak tuduhan telah tidak transparan soal kesehatan Chavez, mengatakan bahwa sang presiden telah melewati masa kritis pasca-operasi dan sedang memulai "fase baru" proses penyembuhan. Namun pemerintah tidak memberikan detail lebih lanjut mengenai fase baru yang dimaksudkan.
         
Apabila Chavez mundur dari jabatannya, Maduro diperkirakan akan maju dalam pemilihan umum melawan pemimpin kelompok oposisi Henrique Capriles, yang juga merupakan gubernur negara bagian Miranda dan kalah dalam pemilu presiden bulan Oktober lalu.

Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar