Kapal Rusia Kirim Ilmuwan Ke Antartika

id Kapal Rusia Kirim Ilmuwan Ke Antartika

Kapal Rusia Kirim Ilmuwan Ke Antartika

Gambar untuk Antartika. (www.google.co.id).

Vasily Golovnin telah bersandar di stasiun pertama --Orcadas."
Vladivostok (ANTARA/RIA Novosti-OANA) - Kapal pemecah es pembawa tim baru ilmuwan dan persediaan telah tiba di Antartika tepatnya di stasiun penelitian milik Argentina, kata juru bicara Perusahaan Far Eastern Shipping, Tatyana Dolgova, Selasa.

Kapal Vasily Golovnin mengantar sekitar 60 ilmuwan dan empat ribu ton metrik persediaan serta perlengkapan ilmiah menuju stasiun milik Argentina di Antartika yang terdiri atas Esperanza, San Martin, Marambio, Orcadas, Jubany dan Petrel.

"Vasily Golovnin telah bersandar di stasiun pertama --Orcadas," kata Dolgova.

Menurut dia, persediaan tersebut akan diantar menuju daratan menggunakan helikopter KA-32 karena kebanyakan stasiun tidak memiliki dermaga.

Misi tersebut diperkirakan berlanjut hingga Maret namun mungkin akan lebih lama dengan waktu yang tidak bisa ditentukan karena kondisi es yang buruk di sepanjang pantai Antartika pada 2012.

Kapal tersebut telah disewa oleh Argentina selama lima tahun berturut-turut setelah kapal pemecah es Admiral Irizar milik Argentina --biasa digunakan untuk misi ke Antartika secara tradisional-- rusak akibat kebakaran pada April 2007.

Hingga saat ini Argentina mengelola senam stasiun permanen dan sepuluh stasiun musiman di Antartika. (ANTARA).