Liwa (ANTARA LAMPUNG) - Pulau Pisang menjadi salah satu pulau yang paling diandalkan oleh Lampung Barat sebagai daerah tujuan wisata.

Selain sebagai lokasi konservasi penyu, Pulau Pisang menyimpan banyak potensi alam yang mampu meningkatkan kesejakteraan masyarakat pulau dan masyarakat pesisir.
        
Selain memiliki potensi perkebunan cengkih cukup berlimpah, Pulau Pisang juga menjadi salah satu aset bagi Lampung Barat untuk menjadi kawasan minawisata, pasalnya di kawasan tersebut terdapat jalur perlintasan ikan lumba-lumba dengan jumlah ratusan ribu ekor.
        
Pulau Pisang selain memiliki keindahan yang elok, lokasi tersebut kerap disinggahi penyu langka, sehingga sangat pantas pulau ini mendapat perhatian serius dari pemerintah pusat dan daerah.
        
Pulau yang dihuni sekitar 600 lebih kepala keluarga tersebut, memiliki keunikan budaya, bahkan sebagian besar wisatawan asing yang datang merasa puas dengan panorama dan keelokan budaya yang ada di masyarakat setempat.
        
Wacana pembangunan jembatan penghubung memiliki landasan yang kuat, pasalnya pulau tersebut rentan terhadap ancaman gempa dan tsunami, sehingga saat tejadi bencana besar itu, masyarakat dapat mempergunakanya sebagai sarana mitigasi bencana.
        
Wacana tersebut, selayaknya disambut baik oleh pemerintah pusat untuk mereallisasikanya, pasalnya melihat fungsi dan kegunaan, jembatan tersebut akan mampu membantu masyarakat setempat dari keterisoliran, dan mampu meningkatkan pengamanan pulau dari ancaman pencurian penyu.

Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar