Harga Getah Damar Di Lampung Barat Stabil

Petani Lampung Barat (Lambar), Provinsi Lampung sedang memanjat pohon damar di kebunnya. Pohon itu konon sudah berusia ratusan tahun dan kini semakin langka sehingga perlu peremajaan agar tidak punah. (Foto ANTARA/M.Tohamaksun).

Berita Terkait
Liwa (ANTARA LAMPUNG) - Harga getah damar di Kabupaten Lampung Barat bertahan tinggi mencapai Rp11 ribu perkilogram untuk kualitas asalan.

"Harga getah damar di daerah ini bertahan tinggi, harga yang berlaku saat ini, membuat petani menjual seluruh getah damarnya pada agen pengumpul, sehingga pasokan getah damar berlimpah dan mampu mencukupi permintaan untuk agen besar di Pulau Jawa," kata agen damar, Muzannur (36) di Kecamatan Way Krui, Lampung Barat, sekitar 320 km dari Bandarlampung, Kamis.

Dia menjelaskan, memasuki Bulan Ramadhan permintaan getah damar mengalami lonjakan, sehingga agen menambah persediaan getah damar dari petani.
        
Dia menguraikan, sebagian besar petani damar menjual stok  untuk mencukupi kebutuhan ekonomi di bulan Ramadhan, membuat agen memilki stok getah damar berlimpah.
        
"Semakin baik harga getah damar di pasaran membuat ekonomi petani dan agen pengumpul meningkat, dan kecil kemungkinan petani akan kembali menebang pohon damar untuk di jual kayunya, disebabkan semakin baiknya harga komoditas tersebut," kata dia lagi.
        
Menurut dia, petani mulai meningkatkan mutu getah damar sesuai dengan permintaan pasar, sehingga harganya semakin baik pula.
         
Masih kata Munzanur, saat ini jumlah getah damar di pesisir Lampung Barat kondisinya menyusut diakibatkan pohon damar tidak produktif akibat termakan usia.
         
Harga getah damar saat ini, untuk kualitas AB ekspor Rp18 ribu per kilogram,  kualitas AB bagus Rp16.500 per kg, kualitas CD Rp16.000, kualitas CK Rp15 ribu per kilogram, kualitas EE Rp11 ribu per kilogram, jenis debu Rp10.500 ribu perkilogram. (Ant)

Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © 2014

Komentar Pembaca
Kirim Komentar